January 19, 2013

[Review] Kukila



Judul : Kukila
Penulis : M. Aan Mansyur
Terbit : September 2012
Tebal : 192 Halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Buku ini sudah saya beli sejak lama, namun seringkali saya sibuk hingga tak sempat menyenggangkan waktu untuk membaca buku kumpulan cerita dari M. Aan Mansyur ini. Terakhir saya membaca karya M. Aan Mansyur di buku antologi puisi yg berjudul "Tokoh-Tokoh yang Melawan Kita Dalam Satu Cerita" yg membuat saya terhanyut dalam barisan kata-katanya. Begitupun pula di buku ini, mengutip dari komentar Joko Pinurbo yang bilang,"...bagaimanapun Aan seorang penyair. Di sana-sini muncul jalinan kata-kata bernapaskan puisi yang tidak jarang membuat bahasa ceritanya lebih berbunyi." Ya, Aan memang pintar sekali bermain kata sehingga membuat pembaca lebih menghayati ceritanya.

Buku ini terdiri dari enam belas cerita pendek. Yang sebagian besar adalah kisah-kisah yang pernah dimuat dalam buku terbitan lama. Misalnya cerita dengan judul "Di Tempatmu Berbaring Sekarang" di buku Dari Datuk ke Sakura Emas (Gramedia Pustaka Utama, 2011) dan cerita dengan judul "Kebun Kelapa di Kepalaku" pernah terbit di buku Setapak Selirang (Insist Press, 2006). Namun dari keseluruhan cerita pendek, ada satu karakter wanita yang menjadi sorotan. Tentu saja sesuai judulnya, dia adalah Kukila.

Awalnya di cerita pendek yang berjudul Kukila (Rahasia Pohon Rahasia). Dijelaskan awal mula kisah seorang gadis bernama Kukila. Kemudian alur yang berjalan semakin jelas karakter Kukila ini hingga dengan cerdiknya Aan memberikan selipan misteri yang membuat pembaca terkejut dengan pernyataan-nya. Bahkan di beberapa cerita pendek-nya, ada karakter lagi yang bernama Kukila. Bingung? Enggak. Justru inilah keasyikan dalam membaca buku karya Aan. Mungkin perlu membaca dua kali untuk benar-benar memahami misteri yang Aan maksudkan dalam buku ini. Di samping itu, Aan menyampaikan pesan moral melalui jalinan kata-kata bernafaskan puisi tersebut dengan jelas sehingga pembaca mudah untuk menangkapnya. Untuk keseluruhan, saya sangat menikmati buku ini.

No comments:

Post a Comment