January 09, 2013

[Review] Dari Merem Ke Melek


Buku karangan Ernest Prakasa. Tapi tunggu, siapa Ernest Prakasa? Doi adalah orang Indonesia keturunan Cina yang udah luntur budaya Cina-nya. Cina murtad, kata orang. Doi sekarang kerjanya jadi stand up comedian. Doi keluar dari kerja kantoran dan jadi komika full-time sejak Agustus 2011. (kutipan pengantar buku tersebut). Ernest Prakasa juga merupakan komika juara ketiga Stand Up Kompas TV season pertama. Doi juga pernah menyelenggarakan tour stand up comedy untuk pertama kali-nya di 11 kota. Tour-nya bernama "Merem Melek" yang mempunyai filosofi, meskipun doi merem (mata sipit) tetapi doi ingin membuka mata temen-temen tentang seluk beluk kehidupan.

Nah setelah penutup tour doi kemaren di Jakarta. Doi menerbitkan buku yang berjudul mirip dengan tour-nya "Dari Merem Ke Melek". Untuk saya sendiri yang memang sudah pernah manggung berulang kali karena job stand up comedian lokal, saya sangat puas membaca buku seharga Rp 75.000,- ini. Oit, jangan berburuk sangka dulu dengan mengatakan mahal soalnya dengan harga segitu kamu juga mendapat bonus DVD Stand Up Comedy dari Ernest Prakasa yang diselenggarakan di Jakarta. Durasi DVD-nya ketika dia perform juga sekitar satu jam.

Di dalam buku tersebut terdapat selipan bit-bit atau joke-joke dari Ernest Prakasa sendiri. Gaya penulisan doi juga rapi, pertama doi mengajak kita untuk dikenalkan kepada Stand Up Comedy kemudian bagaimana kita mencari materi joke serta bagaimana untuk membawakannya di atas panggung. Doi juga mengajarkan kita apa-apa yang tidak boleh dilakukan sebagai Stand up Comedian. Tidak hanya itu, doi juga bercerita tentang pengalaman menjadi Stand Up Comedian dan Merem Melek Tour. Jadi kita bisa paham betul apa itu Stand Up Comedy sampai bagaimana perkembangannya di Indonesia ini.

Mungkin buat kalian yang mencoba untuk menjadi Stand Up Comedian, buku ini cocok untuk dibaca. Pun sekalian melihat gaya Ernest Prakarsa waktu dipanggung di DVD-nya. Viva la Komtung!

No comments:

Post a Comment