January 09, 2015

2015, The Year with Franchises


Whoaaa! Ternyata sudah kira-kira 6 bulan tidak ada tulisan baru yang mengisi Catatan Nonton. Well, yah, engg.. selain penyakit males-nulis yang pernah dialami semua blogger, actually saya-pun yang juga baru saja terjangkit, juga ada urusan-urusan kampus yang mengharuskan saya untuk memberikan perhatian lebih. Maka dari itu, di awal tahun yang baru ini, juga.. ehem.. gelar saya yang baru.. hehehe, saya akan mulai lagi untuk menuliskan review-review film yang akan saya tonton. Oke, cukup basa-basinya. So, di tahun ini tahun 2015 tentu saja adalah tahun yang masih dihiasi oleh beragam film-film franchise dari masing-masing studio film Hollywood. Dalam majalah Cinemags, definisi franchise adalah memandang film sebagai sebuah produk yang  bisa diolah dengan berbagai cara agar bisa menguntungkan di segala lini bukan hanya film, tapi juga misalnya soundtrack, novel, mainan, game, dan lain-lain. Di segi film sendiri sudah pasti ada film sekuel, remake, atau spin-off.

Yap, lihat saja list-list Most Anticipated Movies in 2015 yang sudah tersebar di beragam social media, jika diperhatikan masih mendominasi dari film-film franchise. Saat ini Saga The Hunger Games tergolong franchise film paling berharga yang dimiliki Lionsgate, dan tahun ini adalah installment terakhirnya yang bertajuk Mockingjay part 2. Sudah barang tentu, Lionsgate tak tinggal diam. Sekuel pertama Divergent, yaitu Insurgent mempunyai jadwal tayang juga pada tahun ini guna mengisi kekosongan Saga The Hunger Games di tahun berikutnya. Sekarang mari kita tengok studio film lain yang juga fokus pada franchise masing-masing. Dengan berbagai lini divisi studio film, Disney masih berada di atas angin dan sangat berpeluang untuk sukses pada tahun ini dengan Marvel Cinematic Universe-nya dan saga yang dihidupkan kembali dari 10 tahun yang lalu yang juga sudah pasti mempunyai fans-nya sendiri dari berbagai kalangan, yaitu Star Wars: The Force Awakens.

Beruntung 20th Century Fox masih memegang hak untuk karakter Fantastic Four, grup superhero Marvel yang terdiri dari empat jagoan itu juga akan dijadwalkan tayang pada tahun ini. Kemudian dari kerjama Sony Pictures dan Metro-Goldwyn-Mayer, franchise film yang sudah populer sejak penayangan perdananya di tahun 1962 tentang agen yang memiliki kode 007, Spectre juga diunggulkan untuk persaingan box office. Masih tentang agen yang selalu berurusan dengan maut, dari Paramount Pictures, sosok agen Ethan Hunt dengan Mission Impossible 5-nya akan mengisi jadwal pada akhir tahun. Tak hanya itu, Robot masa depan T-800 yang populer dengan quote-nya "I'll be back" akan benar-benar kembali pada tahun ini dengan tajuk Terminator-Genisys, Universal Pictures juga boleh beroptimis untuk sukses, karena Furious 7 akan melesat untuk persaingan awal musim panas, kemudian taman purbakala yang sudah lama ditinggalkan akan dibuka kembali melalui Jurrasic World, juga karakter kecil kuning nan menggemaskan Minions akan kembali pada tahun ini. Pada awalnya, jagoan Warner Bros, Batman vs Superman direncanakan tayang pada tahun ini juga, hanya saja mereka lebih mengalah dari rivalnya untuk bersaing di tahun depan.

Well, terlepas dari suka atau tidaknya reaksi penonton terhadap film-film franchise yang diotak-atik ulang, sepertinya dalam waktu yang cukup lama di masa mendatang film-film franchise akan tetap menghiasi layar bioskop. Kenapa? Yah apalagi kalo bukan sarana film sebagai ladang bisnis. Apalagi untuk saga terakhir dari novel populer, siap-siap saja untuk dipecah menjadi dua bagian demi dollar yang lebih banyak.

Pada akhirnya, saya hanya bisa mengucapkan selamat menikmati film-film tahun 2015, semoga tahun ini bisa lebih banyak menghabiskan judul film dari tahun kemaren. Happy watching!


1 comment: